Dapatkan Potongan 50k

Cara Pasang Starlink Internet Satelit di Indonesia

Faris Imamda

Starlink-Internet-Indonesia

Cara pasang starlink – mungkin anda bingung dengan nama Starlink yang sedang meroket belakangan ini. Starlink adalah layanan internet mutakhir yang memanfaatkan teknologi satelit. Teknologi ini memungkinkan akurasi kecepatan dan kestabilan jaringan, tidak berpengaruh pada cuaca apapun. Mungkin banyak yang mulai mengeluh dengan layanan internet yang ada karena akan berpengaruh saat hujan atau badai. Tetapi dengan teknologi satelit, Starlink bisa menjadi andalan baru untuk anda.

Elon Musk sebagai pencetus layanan internet ini mengabarkan bahwa ditiadakannya batas pemakaian atau yang dikenal sebagai Fair Usage Policy (FUP) yang digunakan oleh seluruh layanan internet di Indonesia. Stabilitas jaringan, kecepatan internet, dan tiada batas pemakaian adalah hal yang selalu diimpikan oleh masyarakat tanah air untuk mendapatkan layanan internet tersebut.

Sebelum anda memulai berlangganan internet Starlink, anda harus tahu cara pasang Starlink dengan baik dan benar, mengingat kita harus memasang sendiri layanan ini, tidak seperti ISP lokal yang mendatangkan teknisi ke rumah kita.

Apa itu Starlink?

starlink-spacex

Starlink adalah layanan internet dari SpaceX, yaitu sebuah perusahaan penerbangan luar angkasa. Tentu saja anda mengerti siapa yang memilikinya, yaitu Elon Musk. Layanan internet ini disalurkan ke pengguna dengan menggunakan satelit luar angkasa yang terus dikembangkan oleh SpaceX sampai saat ini. Starlink sudah dikenalkan ke publik sejak tahun 2018, dan hingga kini terdapat sekitar 5.000 satelit yang sudah diorbitkan ke luar angkasa menggunakan roket milik SpaceX yaitu Falcon 9.

Dengan menggunakan satelit, Starlink berjanji akan menyediakan layanan internet dengan jangkauan luas, kecepatan cepat, dan jaringan stabil, serta bisa diakses sampai ke lokasi terpencil sekalipun, Starlink mengklaim bahwa High-Speed Internet avaliable almost anywhere on earth. Jika anda lihat di halaman resmi SpaceX, anda bisa membutuhkan dua perangkat untuk mengakses layanan internet, dengan menggunakan Starlink Base atau antena penangkap sinyal satelit dan WiFi Router.

Satelit Starlink berada di luar angkasa dan akan memancarkan jaringan broadband ke bumi. Setelah itu jaringan akan ditangkap oleh antena yang dipasang ke rumah pengguna, lalu disalurkan ke perangkat WiFi Router untuk dibagikan ke gadget yang ada di rumah seperti TV, Handphone, Laptop, dan PC.

Proses tersebut sama dengan layanan internet dari provider lokal di Indonesia seperti Indihome. Meski sama-sama dibagikan dengan sambungan WiFi Router, tetapi sinyal yang didapat berasal dari tempat yang berbeda, tidak menggunakan tower melainkan menggunakan satelit luar angkasa.

Bedanya lagi, Starlink tidak menggunakan kabel fiber optic seperti yang biasa dipakai oleh operator di Indonesia. Wilayah operasi Starlink ini akan terus dikembangkan sejak diluncurkan secara global pada tahun 2021.

Starlink di berbagai negara

Laporan Ookla menunjukkan bahwa Starlink sudah menjadi penyedia internet satelit tercepat di beberapa negara seperti Meksiko, Lituania, Chili, dan Australia. Hingga Mei 2022, layanan internet Starlink sudah tersedia di 32 negara di dunia diantaranya adalah Perancis, Inggris, Spanyol, Portugal, Chile, Jerman, Denmark, dan beberapa negara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di Lituania, nilai rata-rata untuk download speed atau kecepatan unduhnya mencapai 160Mbps. Sementara rata-rata untuk upload speed atau kecepatan unggahnya sampai 24Mbps. Sementara di Australia, layanan internet Starlink mempunyai rata-rata download speed mencapai 124Mbps dan upload speed berkisar di angka 11Mbps.

Jika dibandingkan dengan layanan internet di negara tersebut, angka tersebut relatif kencang, tetapi di Indonesia tentunya bisa menjadi penggebrak baru bagi layanan internet, apalagi mempunyai manfaat lain selain kecepatan dan stabilnya jaringan, yaitu tidak ada gangguan saat cuaca buruk atau saat bencana.

Perkembangan Starlink di Indonesia

SpaceX telah mengajukan perizinan untuk VSAT atau penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal dan ISP atau Internet Service Provider sebagaimana tertera dalam keterangan tertulis yang diunggah di Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Setelah mendapatkan izin, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Starlink akan melakukan uji coba internet satelit tersebut di IKN sebelum disebarluaskan di Indonesia. Ibukota Negara memiliki kesempatan untuk mencoba internet satelit ini lebih dahulu dibandingkan daerah lainnya.

Tentunya Starlink tidak akan langsung berjalan sendiri, melainkan harus bekerja sama dengan penyelenggara jasa interkoneksi internet lokal untuk ISP nya. Meski Starlink sudah membangun hub dan memenuhi standarisasi perangkat dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, mereka harus mengurus perjanjian kerja sama dengan ISP lokal.

Ada perbedaan kedudukan antara Starlink Global dan Starlink Indonesia. Meskipun Starlink Indonesia sudah menjadi bagian dari penyelenggara telekomunikasi di Indonesia, izin ISP-nya berbeda dengan izin VSAT-nya. Mereka akan membeli perangkat dan internetnya ke Starlink global dan harus membangun hub di Indonesia. Setelah mengantongi dua izin tersebut, baru Starlink bisa menyediakan internet ke konsumen dengan skema B2C atau Business-to-customer. Lalu bagaimana cara memasang Starlink jika sudah tersedia di Indonesia?

Bagaimana cara memasang Starlink di Indonesia?

Perangkat-Starlink-Ac-Cable-Router-Base-Starlink-Kabel

Untuk mendapatkan layanan internet yang diimpikan, anda harus mengetahui tata cara memasang starlink di Indonesia. Berikut ini adalah cara memasangnya:

  1. Pastikan anda memiliki semua perangkat yang dibutuhkan. Perangkat keras Starlink, adaptor, dan router. Perlu diketahui bahwa router harus disiapkan sendiri karena tidak termasuk dalam pembelian paket untuk mengirimkan sinyal ke rumah anda
  2. Untuh aplikasi Starlink di App Store untuk iOS dan Starlink di Play Store untuk Android
  3. Jalankan aplikasi Starlink dan tekan Check for Obstructions
  4. Pindai daerah sekitar untuk menemukan lokasi terbaik pemasangan alat Starlink
  5. Pasang pemindai sinyal di bagian kaki alat, lalu hubungkan dengan adaptor
  6. Sambungkan alat yang sudah siap dengan router di rumah anda
  7. Nyalakan alat Starlink dan biarkan dalam kondisi menyala untuk beberapa menit guna mencari sinyal
  8. Setelah sinyal didapat, anda akan diinformasikan untuk mengatur ketinggian dan juga sudut perangkat

Setelah semua step selesai, jaringan bernama STARLINK akan muncul. Hubungkan perangkat anda ke dalam jaringan baru tersebut, dan anda akan diminta untuk membuat SSID atau nama jaringan baru beserta dengan passwordnya. Simpan passwordnya agar anda tidak pernah lupa suatu saat nanti.

Pastikan jaringan internet Starlink berfungsi dengan baik, sudut dan ketinggian yang pas. Mulailah cek kecepatan internet dengan menggunakan Fast atau Speedtest. Jika anda rasa kecepatan yang anda lihat kurang maksimal, anda perlu mengatur kembali sudut kemiringan penerima sinyak atau ketinggiannya, sampai Starlink mengeluarkan kecepatan terbaiknya.

Jika anda mengalami kendala saat proses pemasangan, anda bisa menghubungi Starlink Customer Support melalui situs resminya. Atau anda bisa mengulang langkah-langkah dari awal secara teliti, dengan cek kabel mulai dari kelengkapan sampai dengan adanya kabel yang belum terpasang.

Mungkin memasang alat Starlink terlihat mudah, tetapi teliti kembali mungkin saja ada langkah yang terlewat, karena Starlink adalah teknologi terbaru dengan layanan internet satelit yang belum semua orang mengetahui cara pasang Starlink di Indonesia.

Bagaimana cara berlangganan Starlink di Indonesia?

Berlangganan Starlink Melalui Aplikasi

Jika anda sudah mengerti cara pasang Starlink dengan baik dan benar, kami akan memberitahu cara berlangganan Starlink yang segera hadir tahun ini di Indonesia:

  1. Masuk ke situs resmi Starlink di www.starlink.com
  2. Cek melalui Indicator apakah daerah anda sudah tersedia dalam jangkauan luas Starlink
  3. Jika sudah tersedia di daerah anda, masuk ke kolom Order
  4. Daftarkan akun baru anda dengan cara Sign Up
  5. Lengkapi data diri anda dan kartu kredit anda
  6. Tunggu hingga pihak Starlink mengirimkan perangkatnya ke alamat rumah anda
  7. Mulai pasang Starlink di rumah anda, dan tagihan akan otomatis muncul per bulan, sampai anda ingin menghentikan layanannya kapan saja

Penjelasan lebih jelasnya untuk cara pasang Starlink adalah sebagai berikut. Informasi atau data pribadi yang anda perlu tulis adalah nama, nomor telepon, dan alamat e-mail. Anda juga harus memberikan informasi alamat rumah yang ingin dipasang layanan internet. Biaya awal yang harus anda bayar sekitar 9,645,000 rupiah dengan rincian Deposit 750,000 rupiah Layanan 750,000 rupiah per bulan, Perangkat keras 7,800,000 dan Pengiriman 345,000 rupiah.

Harga tersebut yang tertera di laman resmi Starlink, dan kami juga berharap adanya perubahan harga setelah adanya penyesuaian dengan sistem pasang setelah sukses percobaan layanan internet satelit Starlink di IKN.

Apa keunggulan Starlink di Indonesia?

starlink-menjangkau-pulau-terpencil-di-seluruh-plosok-indonesia

Starlink mempunyai tujuan untuk menyediakan akses internet broadband ke seluruh dunia sampai ke daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh jaringan operator lokal. Keunggulan Starlink dibandingkan jaringan operator lain cukup banyak, seperti jangkauan luas, kecepatan tinggi, keandalan tinggi, biaya terjangkau, portabilitas, privasi, dan kecepatan pengembangan.

Setiap penyedia layanan internet tentu membutuhkan jangkauan luas agar bisa menjangkau daerah terpencil bahkan plosok wilayah di Indonesia. Starlink mempunyai jangkauan yang luas, sehingga di pedesaan, pegunungan, dan pulau-pulau terpencil bisa menggunakan layanan internet ini. Jaringan operator biasa tentu mempunyai keterbatasan karena infrastruktur yang terbatas dan juga tidak bisa menjangkau daerah terpencil.

Starlink mempunyai kecepatan internet yang lebih tinggi dibandingkan dengan operator biasa, dengan kecepatan download hingga 220 Mbps dan upload hingga 20Mbps. Jika dilihat dari jumlah tersebut, kecepatan rata-rata jaringan operator biasa di Indonesia kalah jauh dari angka tersebut. Selain itu, teknologi satelit mempunyai daya tahan terhadap cuaca dan bencana alam, sehingga lebih andal dibandingkan infrastruktur darat.

Di kategori paket bisnis, Starlink merinci bahwa kecepatan download mencapai 40Mbps sampai dengan 220Mbps. Kecepatan upload mencapai 8Mbps hingga lebih dari 25Mbps, dengan latensi mencapai 20ms sampai 60ms.

Starlink juga menawarkan biaya yang terjangkau untuk akses internet broadband, karena untuk jaringan internet yang serupa di Indonesia masih bisa mencapai nilai jutaan rupiah. Selain itu Starlink bisa digunakan di mana saja asal memiliki akses ke langit terbuka. Sedangkan layanan internet biasa membutuhkan menara seluler agar tersambung.

Starlink mempunyai enkripsi yang kuat untuk melindungi data pengguna, karena jaringan operator biasa sangat rentan terhadap pencurian data dan peretasan. Meski Starlink dalam tahap pengembangan, SpaceX terus memperluas jaringannya dan meningkatkan kualitas teknologinya. Jika dibandingkan dengan operator biasa, tentu jauh lebih lambat karena terhambat oleh infrastruktur yang ada.

Berapa harga internet Starlink?

harga paket biaya perbulan internet starlink

Setiap pengguna layanan internet tentu ingin bermain social media Instagram, streaming YouTube, scroll TikTok, belanja di Shopee, chat di WhatsApp dengan lancar. Dengan menggunakan Starlink, anda tidak akan lagi merasakan interlet lemot atau buffering, karena kecepatan dan kestabilan jaringan. Starlink menunjukkan kemampuannya dalam layanan internet karena sekali on satelit, anda akan mendapatkan internet cepat tanpa harus mengandalkan teknologi tiang tower yang selama ini kita pakai.

Untuk biaya internet bulanan Starlink di Indonesia tergantung dari paket yang anda ambil. Anda bisa memilih paket pengguna rumahan yang menginginkan jaringan internet yang kencang serta stabil, entah itu untuk produktivitas ataupun bermain game.

Jika dilihat dari informasi website resmi Starlink, harga internet Starlink per bulannya ada di kisaran 750,000 rupiah. Namun khusus untuk power user untuk kantor atau usaha, biaya per bulannya berbeda, mulai dari 990,000 rupiah sampai dengan 86,130,000 rupiah. Jangan lupa untuk biaya perangkat keras senilai 7,800,000 rupiah, dan Starlink tidak merinci berapa kecepatan internet yang ditawarkannya untuk pelanggan pribadi.

Jika melihat harga tersebut, tentu anda tergiur dengan kecepatan dan stabilnya jaringan menggunakan Starlink. Tetapi perlu diperhatikan bahwa Starlink belum melakukan pemerataan layanan di Indonesia, karena masih akan disambungkan ke Ibu Kota Negara (IKN) pada minggu pertama atau kedua di bulan Mei mendatang. Meski membutuhkan beberapa bulan untuk memastikan semuanya bekerja dengan lancar, tentu hal ini tetap menjadi angin segar bagi para pelanggan layanan internet yang ingin mencoba internet satelit ini.

Selain itu, anda bisa berharap harga yang lebih murah untuk layanan internet Starlink setelah masa uji coba di IKN, karena tentu ada penyesuaian harga kembali. Mari kita berharap untuk mendapatkan harga yang sepadan dengan kualitas jaringan yang ditunjukkan.

Apakah anda siap untuk pasang Starlink di rumah anda?

pasang starlink dirumah

Hal ini menjadi kabar gembira untuk banyak orang yang menginginkan layanan internet tanpa ada ganggan dan juga dengan kecepatan tinggi. Selama ini kita mengalami kesusahan dengan gangguan internet saat ada hujan, badai, atau bencana lainnya karena tower penyedia sinyal internet terganggu. Tetapi dengan Starlink yang baru hadir ini, mereka memberikan klaim bahwa ini adalah layanan internet yang cocok untuk kerluarga, internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira bagi semua pengguna layanan internet yang selama ini dibatasi dengan FUP, yang selalu menginginkan kuota internet tanpa batas.

Perangkat keras seperti receiver sinyak memiliki standar terakutasi, sehingga inilah yang menjadi acuan untuk internet cepat tanpa gangguan, tanpa buffering, sehingga anda bisa streamin YouTube atau TikTok dengan lancar. Meski perangkat keras tersebut masih dengan harga tinggi, tentunya akan sepadan dengan layanan yang diberikan oleh Starlink. Kapan lagi anda bisa ber-internet bebas gangguan dengan kecepatan tinggi, apalagi dengan teknologi baru internet langsung dari satelit.

Starlink akan memulai percobaan pemasangan mulai bulan Mei tahun ini, apalagi aplikasi Starlink sudah ada di Google Play Store dan Apps Store iOS. Untuk keterangan lengkapnya, anda bisa melihat laman resmi Starlink dan dapatkan informasi terbaru mengenai Starlink di Indonesia.

Semoga daerah anda segera mendapatkan akses internet satelit ini, karena tentunya benefit yang ditawarkan akan sangat menjanjikan untuk kebutuhan keluarga ataupun untuk kebutuhan bisnis. Segera lakukan pesanan, dan baca kembali cara pasang Starlink dari laman kami agar anda tidak kesusahan untuk setting awal layanan internet satelit baru anda nantinya.

Bagikan:

Also Read

Bagikan:

Faris Imamda

Halo, saya Faris. Saya seorang analis SEO, dan penulis konten yang baik. Saya telah melakukan internet marketing selama lebih dari 8 tahun. Selama ini saya menjadi freelancer untuk content writing dan SEO on page juga